Jakarta, 9 Agustus 2024 - Langkah inovatif Bakpia Kukus Tugu Jogja, salah satu produk dari PT Agrinesia Raya, dalam menggandeng Adhitia Sofyan dalam rearansemen lagu “Sesuatu di Jogja” berhasil mendapatkan pengakuan yang luar biasa. Sangat baik dalam eksekusinya, Bakpia Kukus Tugu Jogja dianugerahi penghargaan Indonesia Brand Communications Excellence 2024 oleh majalah MIX Marcomm dan majalah SWA pada Jum’at (09/08).
“Sesuatu di Jogja” merupakan sebuah kampanye yang mengajak audiens untuk menjelajahi kota Jogja dengan ditemani oleh-oleh dan lagu ikonik yang bisa dinikmati melalui saluran digital. Kampanye digital ini merupakan upaya untuk memperkuat posisi Bakpia Kukus Tugu Jogja sebagai pelopor oleh-oleh ‘Jogja Rasa Baru’.
Rangkaian kampanye Sesuatu di Jogja dimulai di platform Instagram melalui konten teaser yang di-posting di Instagram Bakpia Kukus Tugu Jogja, dilanjutkan dengan informasi solo showcase Adhitia Sofyan. Usai masa teaser, kampanye dilanjutkan dengan rilis lagu jingle “Sesuatu di Jogja”, dengan aransemen khusus di semua platform musik di Indonesia. Bersamaan dengan itu juga dilakukan peluncuran event cover jingle “Sesuatu di Jogja” di semua platform media sosial. Konsumen setia Bakpia Kukus Tugu Jogja pun bisa menggunakan musik tersebut sebagai background musik Tiktok mereka.
Upaya ini berhasil menarik 118 submission di kedua media sosial tersebut. Sisi optimalisasi medium digital untuk melibatkan audiens inilah yang dipuji juri Bambang Sukma Wijaya, kendati menurutnya, praktik akuisisi sebuah lagu menjadi theme song kampanye sebuah brand seperti itu bukan merupakan ide baru. Namun lebih dari itu, juri Janoe Arijanto menilai, “Sesuatu di Jogja” adalah sebuah shortcut positif dalam menambahkan elemen emosi yang kuat pada brand.
Nanang Siswanto, Marketing Director PT Agrinesia Raya, menekankan pentingnya kerja sama tim dalam mendorong kesuksesan setiap program. Beliau menyampaikan, “Eksekusi yang excellent ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan ide-ide segar dan inovasi yang akan semakin mendorong pertumbuhan Bakpia Kukus Tugu Jogja. Tujuan kami adalah untuk meningkatkan brand awareness dan mempertahankan relevansinya di pasar yang terus berkembang, sambil tetap menjaga hubungan yang erat dengan konsumen setia kami.”
Kampanye digital ini berhasil mendapatkan lebih dari 10 juta impression, dengan total pemirsa sebesar 6.237.269 di kanal Instagram, sementara di Tiktok mampu menumbuhkan 3.100 followers baru dengan total 1.800.000 reach, 238.649 listener lagu, dan 7.606 video dengan backsound lagu tersebut.
Indah Nur Rahmi, Digital Content Lead Bakpia Kukus Tugu Jogja menambahkan “Selama periode kampanye, audience rate TikTok naik lebih dari 199.99%, dan video views naik 143.72%. Lebih dari itu, kampanye ini juga berdampak signifikan pada kinerja penjualan kami, dengan kenaikan mencapai pertumbuhan double digit selama periode program di kuartal pertama. Selain itu, kami juga mendapatkan 15 publikasi media lokal dan nasional.”
Kampanye ini berhasil mendapatkan engagement rate index sebesar 65,07 dan berhak mendapatkan predikat very good untuk kategori kampanye digital dalam event Indonesia Brand Communications Excellence 2024 yang diadakan Majalah MIX Marcomm. Menurut juri Yazied Syafaat, Creative Director Srengenge Culture Lab yang berdomisili di Jogja, untuk sebuah brand lokal, eksekusi kampanye selengkap dan serapi ini patut diacungi jempol.